26 September 2011

Tentang Padukuhan Bandaran



Pedukuhan Bandaran secara geografis terletak di latitude -7.6545 dan longitud 110,37442. Pedukuhan Bandaran merupakan bagian dari Desa Donokerto yang terletak di Kelurahan Turi, Kecamatan Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun batas Pedukuhan Bandaran adalah sebagai berikut:
1. Utara : Pedukuhan Turi
2. Selatan : Pedukuhan Kebonarum
3. Barat : Pedukuhan Balong
4. Timur : Pedukuhan Turi
Pedukuhan Bandaran terdiri dari dua Rukun Warga (RW), yang masing-masing terdiri dari dua Rukun Tetangga (RT) dan dua Rukun Warga (RW). RT-RW yang terdapat di padukuhan Bandaran yaitu RT 01 dan RT 02 termasuk pada RW 32, sedangkan RT 03 dan RT 04 termasuk pada RW 33.
Fungsi lahan di pedukuhan Bandaran didominasi oleh fungsi permukiman, pertanian, perkebunan, maupun free space atau ruang kosong. Potensi ruang yang dimiliki pedukuhan ini adalah luasan pekarangan (koefisien dasar bangunan) yang besar. Tentunya ini merupakan salah satu potensi mengingat di daerah perkotaan sangat sulit ditemukan kawasan permukiman dengan luas pekarangan yang besar dan memenuhi standar ekologi pembangunan.
Kegiatan masyarakat di padukuhan ini secara umum didominasi oleh kegiatan sektor primer yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan. Kegiatan primer yang dimaksud meliputi perkebunan salak dan pertanian lahan basah.
Untuk mendukung perkembangan pedukuhan setempat, hasil sektor primer tersebut kemudian diolah oleh sektor sekunder yaitu industri pengolahan dengan komoditas setempat seperti salak. Kebanyakan industri bersifat industri rumah tangga sehingga masih dibutuhkan pengoptimalan kinerja sector industri guna menunjang pertumbuhan pedukuhan setempat. Hasil pengolahan industri tersebut biasanya dikomersialisasikan untuk konsumsi penduduk setempat. Untuk kegiatan komersial (sektor tersier), proses yang berlangsung masih berskala local dalam hal ini, pendistribusian hasil konsumsi masih terbatas pada lingkup masyarakat setempat.
Kegiatan sosial di pedukuhan setempat meliputi kegiatan karang taruna, PKK, dasawisma, dan acara perkumpulan warga. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa manejemen pengorganisasian di wilayah setempat sudah cukup baik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ko ra ono fotone ? foto kegiatan karo suasana desone ko ra diupload?!!

Wisnu Juventino mengatakan...

sabar den :D